Kesempatan




Kesempatan Di Sekeliling Anda

Kesuksesan tidak mendatangi anda. Andalah yang harus menemuinya. Terserah anda sendiri, apakah mau membuka pintu diri anda untuk suatu kesempatan. Kesempatan emas yang anda cari-cari berada di dalam diri anda sendiri. Tidak tergantung pada lingkungan anda atau keberuntungan atau pertolongan orang lain. Semua itu ada di dalam diri anda sendiri.

Anda bisa memulai dimanapun anda berada setiap saat. Rumput di kejauhan mungkin tampak lebih hijau, namun kesempatan itu tepat berada dimana anda berada. Ketika kesempatan itu muncul, ambillah keuntungan darinya.

Anda tidak memerlukan lebih banyak kekuatan atau lebih besar kemampuan atau lebih luasnya kesempatan. Yang anda perlukan adalah menggunakan apa yang anda miliki sekarang. Belajarlah untuk menangkap kemujuran yang selalu berada di sekeliling anda. Setiap situasi yang dipandang dengan baik adalah kesempatan.


Dimulai Dengan Angan Angan

Segala yang terjadi dimulai dengan khayalan. Segala yang anda capai dimulai dengan angan-angan di pikiran.

Apa yang anda sekarang angankan, bila kita bicara tentang setahun dua tahun ke depan ? Apakah anda melihat masalah dan segala sesuatu yang berantakan ? Ataukah anda melihat peluang dan keberhasilan ?

Tidak ada batas bagi imajinasi. Anda boleh mengkhayalkan apa saja. Khayalan tidak bisa dibatasi realitas fisik, kesulitan keuangan, rasa takut penolakan dan apa saja yang mengurung anda di dunia nyata.

Bayangkan masa depan dan biarkan anda melaju dengannya. Tinggalkan kendala di belakang dan tampilkan hidup yang ingin anda jalankan. Hidup yang anda ciptakan akan dimulai dari angan anda. Ciptakan angan-angan terbaik dan mulai bertindak untuk mewujudkannya.


Satu Langkah Ke Depan

Tetaplah bergerak maju sekalipun lambat. Karena dalam keadaan tetap bergerak anda menciptakan kemajuan. Adalah jauh lebih baik bergerak maju sekalipun pelan, daripada tidak bergerak sama sekali.

Dalam hidup kita sering merasa buntu hanya karena kita ingin mengambil satu langkah yang terlalu besar, langkah raksasa. Akibatnya masalah kita jadi terlihat besar sekali, kompleks dan tak terselesaikan. Hasilnya anda hanya termenung dan tidak bergerak sama sekali.

Sabarlah dan coba mundur sebentar. Perhatikan tantangan anda. Tidakkah lebih memungkinkan bagi anda untuk mengambil langkah-langkah pendek terus menerus ketimbang berusaha menelan semua masalah sekaligus. Satu langkah kecil demi satu langkah kecil asalkan anda tidak berhenti adalah cukup, karena anda masih memiliki hari esok dan masih ingin bergerak maju, bukan berhenti.


Tidak Ada Jalan Pintas


Keberhasilan tidak diperoleh begitu saja, ia adalah buah dari pohon kerja keras. Jangan terlalu berharap pada kemujuran. Tahukah anda apa itu kemujuran ? Bukankah kita tidak selalu mampu menjelaskan darimana datangnya kemujuran.

Sadarilah bahwa segala sesuatu perlu berjalan alami dan semestinya. Pertumbuhan diri adalah proses mendaki tangga. Anda harus melalui anak tangga satu persatu. Tak perlu repot mencari-cari jalan pintas, karena tak ada jalan pintas.


Hargai saja setiap langkah kecil yang membawa anda maju. Ketergesaan adalah beban yang memberati langkah saja.

Amatilah jalan lurus anda. Tak perduli bergelombang atau berbatu, selama anda yakin berada di jalan yang tepat, maka melangkahlah terus. Dan jalan yang tepat itu adalah jalan yang menuntun anda menjadi diri anda sendiri.