Bersyukur




Sekali Lagi . . .  Bersyukurlah

Coba anda sisihkan waktu sejenak untuk bersyukur atas hal-hal baik dalam hidup anda. Renungkanlah tentang apa yang telah anda capai, orang orang yang memperhatikan anda, pengalaman yang telah anda dapatkan, keahlian dan minat yang anda miliki, apa yang anda percayai dan hal-hal terindah dalam hidup anda.

Hal-hal yang anda hargai, pelihara, dan jaga akan terus meningkat dalam hidup anda. Kelimpahan dimulai dari rasa syukur. Dengan rasa syukur yang tulus, anda menghargai apa yang telah anda miliki, yang selanjutnya akan mendorong anda secara mental, spiritual, dan fisik untuk mencapai apa saja yang menjadi tujuan anda.

Bagaimana mungkin anda mendapatkan hal-hal yang lebih besar, bila anda tidak bersyukur atas apa yang telah ada miliki saat ini ? Toh semuanya hanya bisa dimulai dengan apa yang anda telah miliki tersebut.

Anda tahu, bahwa anda dapat mencapai tujuan, karena anda pernah merintis hal seperti itu. Pengalaman adalah milik anda yang patut disyukuri. Siapa bilang tidak ada hal yang bisa disyukuri ?
Segalanya dalam jangkauan anda saat anda bersyukur akan apa yang telah anda dapatkan.


Berhentilah Anda Mengeluh


Pantaskah anda mengeluh ? Padahal anda telah dikaruniai sepasang lengan yang kuat untuk mengubah dunia. Layakkah anda berkeluh kesah ? Padahal anda telah dianugerahi kecerdasan yang memungkinkan anda membenahi sesuatunya.


Apakah anda bermaksud menyia-nyiakan semua itu, lantas menyingkirkan beban tanggung jawab dari pundak anda ?
Jangan ! Jangan biarkan semua kekuatan yang ada pada diri anda terjungkal hanya karena anda berkeluh kesah. Ayo tegarkan hati, tegakkan bahu, jangan biarkan semangat hilang hanya karena tidak tahu apa jawaban atas persoalan anda.


Jangan biarkan kelelahan menghunjamkan keunggulan anda, ambillah nafas dalam-dalam, tenangkan semua alam raya yang ada dalam benak anda, lalu temukan lagi secercah sinar dibalik awan galaksi, dan mulailah ambil langkah baru.


Sesungguhnya ada orang yang lebih berhak mengeluh dibanding anda, sayangnya suara mereka parau tak terdengar, karena mereka tak sempat lagi mengeluh. Beban kehidupan yang berat lebih suka mereka jalani daripada disesali. Jika demikian, apakah anda lebih suka mengeluh daripada menjalani tantangan hidup.


Arti Sebuah Kemenangan


Kemenangan bukanlah hanya ketika kita berhasil mengalahkan lawan di suatu pertandingan, dan bukan hanya ketika kita berhasil mencapai prestasi terbaik, bahkan bukan hanya ketika kita berhasil mendapatkan semua yang  kita inginkan dalam hidup ini.


Tapi kemenangan adalah saat dimana kita dapat melawan suatu kegagalan. Saat dimana kita dapat mengatasi musibah, saat dimana kita dapat bangkit dari suatu keadaan yang menyedihkan, dan saat dimana kita merasa sangat terpuruk namun kita mampu berjuang menghancurkan semua cobaan itu.


Kemenangan adalah saat dimana kita dapat menjadikan itu semua sebagai pertanda betapa sayangnya Sang Maha Pencipta kepada kita, saat dimana kita menyadari betapa kita dapat belajar banyak dari semua kegagalan yang kita alami.


Dan kemenangan adalah saat dimana kita melangkah begitu mantap dan yakin bahwa kita begitu hebat untuk sekedar melawan suatu kegagalan kecil, saat kita dapat mengalahkan diri kita sendiri, sehingga kadang-kadang kita merindukan sebuah kegagalan, karena kegagalanlah yang membuat kita sadar dimana kita berada.



Kerendahan Hati

Kalau engkau tak sanggup menjadi beringin yang tumbuh di puncak bukit, jadilah saja belukar, tetapi belukar yang terbaik, yang tumbuh di tepi danau.
Kalau engkau tak sanggup menjadi belukar, jadilah saja rumput, tetapi rumput yang terbaik, yang memperkuat tanggul pinggiran jalan.
Kalau engkau tak mampu mampu menjadi jalan raya, jadilah saja jalan kecil yang membawa orang ke mata air.


Tidak semua menjadi nakhoda, tentu ada awak kapalnya. Bukan besar kecilnya tugas yang menjadikan tinggi rendahnya dirimu. Jadilah saja dirimu, sebaik-baiknya dirimu sendiri.